A Letter

Sesuatu pastilah ada saatnya.

Saya tak pernah membayangkan dapat kesempatan untuk mendengarkan paparan ilmiah, atau bahkan boro-boro – ‘untuk dibantai’ oleh beberapa nama besar dalam bidang desain dan komputasi. Dulunya nama-nama itu hanya saya baca di beberapa buku referensi dan terutama, jurnal-jurnal internasional terkait. Tapi benar juga kata orang, kalau cukup lama kita belajar tentang hal yang sama, kita akan sadar bahwa perkumpulan kita hanya itu-itu saja orangnya. Itu sepertinya berlaku di bidang saya juga, desain dan komputasi. Ada lagi yang bilang kalau professor adalah sebuah international club. Saya cenderung mulai mengiyakan pendapat itu.

Dalam suatu kesempatan saya termasuk sebagai pembicara di sebuah konferensi di Hongkong tahun lalu, saya disidang salah satunya oleh Prof. Michael Batty-UCL. Lab-nya adalah salah satu lab besar yang ikut mengembangkan space syntax, isovist. Seberapa keras-nya pun kritikan beliau, itu seperti sedekah, hibah dan anugerah buat saya. Pengalaman itu tak ternilai bagi pelajar yang sangat haus dengan ilmu orang-orang besar tersebut.

Kali ini saya mendapat sebuah invitation letter karena paper saya terseleksi dalam konferensi Design Computing and Cognition, Juli nanti di Stuttgart. Surat itu ditandatangani oleh Prof. John Gero, nama besar dari University of Sidney, Key Center of Design Computing . Wah, saya memang kampungan, senang sekali karena baru menerima surat, doang. Hihihi.

Asiik, mudah-mudahan ini jadi pembuka kesempatan yang lebih besar di masa datang.

About this entry