The Good, The Bad and The Weird

Biasanya film-film ber-genre koboi tak pernah masuk dalam kategori favorit saya. Dengan perkecualian Young Guns II, itu juga karena saya lebih dulu tahu soundtrack-nya. Genre ini tak menarik saya karena terlalu banyak debu-debu dan orang-orangnya lusuh-lusuh..wkwkwk. Sangat subjektif dan tidak adil, tapi begitulah walaupun sebagaimana ramainya, tetap – bagi saya- debu-debu beterbangan.

Tapi film koboi yang satu ini lumayan menarik, bagus malah. Walaupun ini film Korea, yang mengambil lokasi di sekitar Manchuria, saya merasa sangat terhibur, terutama karena ada paduan aksi, petualangan dan komedinya. Komedi Asia. Saya dulu pernah merasa film-film Korea sudah sejajar dengan buatan Hollywood, dan sepertinya memang benar. Malah saya pikir sekarang Hollywood sedang jenuh-jenuhnya.

Sinematografinya asik punya, saya sangat menikmati aksi-aksi antara satu scene dengan scene lain yang kadang ada beberapa angle yang sangat menarik. Luar biasa para sineas Korea ini. Efek-efek komputernya sudah kelas dunia punya dan kalau bicara aksi-aksi yang ‘natural’ , memang Asia lebih menarik dibanding di Barat. Komedinya memang sebagian khas Asia yang sedikit slapstick dan kadang menonjolkan ‘sisi apa adanya’ dari para aktor. Entah itu masuk dalam skenario atau bukan yang jelas hasilnya malah lucu. Beberapa aksi komedinya ada yang berbau ala Indiana Jones. Namun tetap yang tak bisa dilupakan adalah ekspresi para aktor-aktornya. 🙂

Ceritanya sendiri walaupun komedi, tetap ada unsur nasionalisme-nya. Bagus juga ya, memasukkan unsur-unsur nasionalisme ke dalam film-film aksi, komedi. Sebenarnya tema-nya sendiri agak serius dan menyangkut harga diri sebuah bangsa. Dan itulah hebatnya, pesan itu sampai tanpa disadari dibalik pengalaman-pengalaman visual yang lain.

About this entry