Klub Arsitek

Seorang profesor dari Harvard yang kemarin singgah di sekolah saya bilang bahwa  secara garis besar ada tiga tipe riset yakni: pertama:  riset tentang teori, metodologi dan sifatnya eksperimental serta hasilnya adalah murni untuk pengembangan ilmu. Ini didasarkan sepenuhnya pada kata “why“. Riset ini penting sekali dan menjadi dasar dari semua yang kita capai sejauh ini. Ada listrik, elektromagnet, gelombang dan banyak lagi. Para periset itu tak tahu dan tak tertarik akan apa dampak dari riset mereka itu untuk peradaban (setidaknya pada masa hidup mereka). This is a pure research just for the sake of curiosity. Yang kedua adalah riset aplikatif yang didasarkan pada kata “how“. Pioneer dari klub ini adalah T.A Edison yang mungkin bukanlah orang pertama yang memahami hakikat dan kaidah listrik, tapi beliau memahami bagaimana membuat itu menjadi produk-produk yang paling berguna di abad ini dan abad-abad selanjutnya. Yang ketiga adalah yang agak jarang, yakni penemu solusi atas kata “why” namun juga penemu solusi untuk pegembangan aplikasinya ke masyarakat. Dalam kacamata desainer, yang terakhir adalah pencetus ide sekaligus pengeksekusinya. Pioneer dari klub ini adalah L. Pasteur.

Tak bisa dipungkiri bahwa klub pertama pastilah para saintis, klub kedua adalah para insinyur, industrialis dan inventor, dana klub ketiga, saya belum temukan apa istilahnya, yang pastinya setengah dewa 🙂

Di dalam dunia saya yang konon adalah dunia aplikatif memang tak mengenal klub yang pertama. Memang sebagian nenek moyang kami adalah para teoris yang di waktu senggangnya punya hobi menggambar. Atau para ahli insinyur yang  punya keasyikan membangun gedung. Namun ujung-ujungnya produk kami hanya itu, bangunan. Arsitektur adalah ujung-ujung dari aplikasi-aplikasinya teori-teori. Semua “why” dan “how” nya sudah dijawab di tempat lain. Dipikir-pikir kami hanya klub seniman yang punya simpanan otak kiri lebih banyak dari kebanyakan seniman lain.

Namun kamilah salah satu pelayan peradaban manusia. Menyajikan dan membayar atas apa-apa yang sudah dicapai oleh ketiga klub di atas. Kami yang membangun etalase peradaban dan menciptakan lingkungan agar klub-klub itu bisa mencipta dan menanjak naik lagi. Jika ada alien datang , yang pertama kali mereka lihat (dengan mata mereka) adalah apa-apa yang terbangun dan terpapar di muka bumi.

Advertisements

About this entry