Masygul

Untuk melihat skala dan signifikansi sesuatu, kadangkala kita harus membandingkannya dengan hal lain. Karena begitulah cara kepala kita bekerja.

Saya baru saja terkagum dengan fakta (tanpa melihat subjektifitas saya sebagai seorang penggemar game) bahwa Modern Werfare 2, yang boleh dibilang game paling keren sejagat, (saya tahu setelah saya lihat di TGS 2009) benar-benar memutarbalikkan logika banyak orang tentang bisnis game. Selama ini yang saya tahu dalam bisnis hiburan yang namanya blockbuster itu hanya untuk film-film Hollywood (karena punya pasar internasional). Walaupun beberapa dekade belakangan banyak analisis yang memperkirakan bahwa bisnis interaktif – hiburan alias game ini akan semakin besar dan cepat pertumbuhannya, tetap saja alat ukur kesuksesan sebuah industri hiburan didominasi oleh film yang notabene ditentukan oleh skala blockbuster-nya.

Namun MW2 memecahkan semua rekor blockbuster yang selama ini ada. Bahkan game ini sudah membukukan nilai jual 5.5 Trilyun!  dalam 5 hari mengalahkan The Dark Knight, Harry Potter. Ini baru kali pertama sebuah penjualan game mengalahkan bahkan film paling laris sekalipun. Konon penjualan total MW2 sudah di atas 28.3 Trilyun!.. Industri kreatif benar-benar tidak bisa diremehkan dan siapa bilang  game itu urusan anak-anak dan anak muda?

Saya jadi agak masygul membandingkan fakta penjualan sebuah produk hasil kerja keras anak-anak muda yang pintar-pintar ini dan yang pasti ‘gaul’ pula, dengan kenyataan menyedihkan mengenai skandal-skandal perkeliruan di negeri saya. Yang satu ribut akibat prestasi luar biasa, yang lain ribut akibat skandal ‘tak terlalu’ luar biasa.

Sekali lagi bandingkan antara 28.3 Trilyun dengan 6.7 Trilyun. Satunya produser , satu lagi maling. Satunya company dengan aset pengetahuan dan teknologi, satunya lagi persekongkolan b*s*k dengan modal akal b*s*k*.

Saya menghayal saja kira-kira kapan negeri saya pandangan hidupnya adalah uber alles! 🙂

About this entry