BioHazard 5 a.k.a Resident Evil 5

biohazard5

Oh boy, Those co-op style  (and hot-amazonian-sidekick lady) are really amazing!.

Kebetulan kemarin dulu ketemu game ini dalam kemasan collector edition, bekas, dan murah (dan bahasa Ingggris). Seperti biasanya, saya tertarik karena: a. grafik dan visualnya sangat menarik (lihat saja trailernya), b. ini 3rd person shooter (tak bikin pusing), c. ada yang baru di co-op style-nya d. aksi lawan zombie. Kalau dulu tipe game semacam ini biasanya di-setting di dalam ruangan, claustrophobic, gelap dan muram, dalam game ini semua teknologi seakan di-push sampai limit. Lingkungannya bervariasi: gua, dalam ruangan, hingga  safana, pelabuhan dan pasar. Artinya? lebih banyak objek dan karakter, pandangan lebih luas dan lebih realistis, dan lebih banyak AI.

Lingkungan yang berbeda itu pula kemudian menjadi pengalaman yang berbeda seperti ketika sang jagoan panik ketika berhadapan dengan orang-orang satu pasar (btw, zombie semua), atau ketika berenang dikejar buaya (bukan zombie,  buaya lapar). Karena settingnya di pasar, maka kemungkinan untuk survive-nya lebih bervariasi. Kita bisa lari saja, atau lawan (dengan amunisi yang terbatas), atau main petak umpet sambil mengulur waktu untuk minta bantuan. Pengalaman yang berbeda itu yang membuat game ini tak membosankan. Setiap chapter-nya punya setting lingkungan, skenario survival, bahkan karakter musuh (dan boss) yang berbeda. Ini memang sepertinya jadi trend game sekarang dan mendatang. Tak melulu dalam satu genre, pengalaman aksinya sama dari nol hingga tamat.

Satu hal lainnya disamping teknologi graphic, physic dan AI musuh yang meyakinkan, AI juga berperan dalam skenario co-op alias partner. Di sini, partner jagoan kita tak hanya bantu dar-der-dor, tapi juga bisa misalnya menemukan item yang diperlukan di saat kritis, mencari jalan keluar (di saat sang jagoan sibuk dengan yang lain), atau bahkan ‘berdiskusi‘ memecahkan teka-teki. Walaupun masih primitif, setidaknya lebih smart dibanding Jill Valentine..hahaha.

Dan poin penting dari bermain game adalah semua tantangan itu susah (a.k.a  kickin’ those zombies) tapi tetap doable. Jadinya orang biasa macam saya bisa juga selesaikan game ini dengan mode normal.

Advertisements

About this entry