Hongkong d.1

Jadi, inilah Hongkong. Waktu turun dari MTR (kereta cepat) dari Chek Lap Kok di hongkong, kok kaya turun di Glodok? hihihi. Mungkin karena suasana ketakteraturannya mirip dan di sana-sini derajat heterogennya lebih tinggi dibanding Tokyo. Tokyo mah, rapi, bersih, seragam. Di sini, seperti di Glodok cuman yang ini punya bokap-nyokap yang jauh lebih kaya..:-). Wah jadi lihat Bank of China-nya I.M. Pei,  HSBC-nya Foster..ternyata tak tinggi-tinggi amat. Nanti habis presentasi saya mau eksplorasi lagi.

Hongkong ternyata sangat berbukit. Bedanya, kalau kota-kota besar di Jepang, semua pembangunan cenderung numplek di lahan datar yang sempit, di Hongkong malah perbukitannya yang dihajar. Lucu dan unik sekali. Jalannya berkelok-kelok, sempit diantara apartemen-apartemen yang tinggi. Sekilas saya ngeri juga, apa nggak takut gempa tuh, gedung tipis-tipis di lahan miring-miring? Mungkin saja lapisan di bawah Hongkong adalah bedrock dan tak di zona gempa.  Ah, beberapa bangsa memang lahir beruntung….

Di depan Student Union Building HKU

Di depan Student Union Building HKU

Terus ternyata University of Hongkong letaknya di perbukitan…asik sekali. Seperti kampus Andalas di Padang, Udayana di Jimbaran, UII di Kaliurang. Bedanya yang ini sekarang universitas rangking satu di Asia..hihi. Seperti NUS, bangunan-bangunannya menyebar dan pintu masuknya bisa dilalui taksi (bukan tipe kampus tertutup). Saya mah kebetulan sudah pesan di Robert Black College, sebangsa Hotel Sawunggaling-nya ITB. Setengah hotel, setengah penginapan. Tapi view-nya luar biasa karena berada di daerah paling atas HKU. Mungkin kalau ITB ada di Lembang, nah, bisa seperti ini suasananya.

Dan ternyata oh ternyata, makanan di sini kok lebih murah ya? dan lebih enak..hihi..ini subjektif..saya memang jauh lebih suka makanan China dibanding masakan Jepang. Sepiring lamb-chop yang luar biasa mak nyus tambah apetizer tambah dessert….yeah right..I ate that..seharga 630 Yen..wow. Baru nyadar kalo di Tokyo memang mahal.

Habis makan, saya ternyata lelah sekali. Gelo, kemarin cuma tidur dua jam, habisnya mau namatin Bio Hazard 5 hihi.. Besok saya mau tengok-tengok seperti apa ya, universitas kelas dunia itu?

Advertisements

About this entry