Prince of Persia (X360)

prince-of-persia

Seingat saya, saya sudah mainkan semua versi PoP. Mulai dari yang 2D- 4 bit sampai terakhir kemarin versi di PS2 dan sekarang di XBox360 (dan PS3 dan PC).  Hakikat dari permainan ini dari dulu hingga yang terakhir masih tetap sama – akrobatik, petualangan dan eksotisme Timur Tengah. Yang paling  memberi pengalaman menarik -buat saya- adalah gerakan-gerakan animasinya yang belum tertandingi di game-manapun. Bahkan di yang terakhir ini, semakin gila – artinya, aksi akrobatiknya begitu halus dan manusiawi  seperti halnya menonton Crouching Tiger Hidden Dragon.

Tapi tambah dua lagi yang menarik di versi terakhir PoP ini: pertama, adalah sistem renderingnya yang tak lagi menonjolkan hyperrealism (super-realism) melainkan menggunakan sistem cell-shading sehingga tampak seperti komik yang hidup namun tetap sangat kaya dengan detil dan tekstur. Kedua adalah adanya companion (wanita!) yang tak hanya jadi pelengkap penderita namun juga bisa jadi side-kick, artinya ada seperangkat kontrol yang memungkinkan jagoan kita berakrobatik bersama (..and kick some serious monster ass) serta bisa jadi penyelamat kalau (seringkali) sang jagoan jatuh dari ketinggian (jadi tak ada istilah resume play)

That’s really cool.

Yang kurang dari game model begini adalah, gameplay-nya yang sepertinya terlalu singkat dan  khusus untuk PoP versi ini, tantangan dari musuh ( AI, kuantitas ) tak cukup mengimbangi digjaya-nya duo jagoan kita ini. Tapi saya cukup terhibur melihat saya bisa kontrol jagoan saya meliuk-liuk di udara dengan kilatan pedang di sana – sini.

About this entry