Antisosial

Satu hari baru, selalu ada kemajuan baru- tetapi pula selalu ada masalah baru. Asyiknya belajar dalam jenjang PhD adalah saya hanya belajar pada apa yang saya ingin pelajari yang nantinya akan menjadi – katanya orang sih– bahan jualan saya. Bukannya itu nikmat? saya diberi kesempatan untuk menggali sedalam-dalamnya apapun yang nantinya akan membuat saya merasa fantastis. Namun juga, sisi kelamnya adalah, akan muncul waktu-waktu dimana kepala saya sudah sedemikian jenuh dan menjadi mual dengan segala macam topik, temuan dan proses meneliti dari seluruh dunia yang membombardir saya dan saya harus membuat sesuatu yang baru dari itu semua. Itu pertama.

Kedua, waktu dimana saya harus memikirkan kenyataan bahwa kalaupun saya lulus nantinya, itu bukan tujuan saya – ternyata. Itu hanya sarana saya untuk sesuatu- apapun itu yang bisa menjanjikan kehidupan yang lebih baik buat saya – dan Dhana. Implikasinya, ternyata saya tak boleh hanya lulus (kalaupun lulus) tapi juga harus bisa maju ke jenjang yang lebih tinggi lagi. Blessing in disguise-nya, saya harus menikmati irama baru ini – anti kemapanan (untuk sementara dalam rentang waktu yang belum bisa diperkirakan).

Dua hal itu memang fitrahnya pelajar. Tak mungkin ada pelajar yang hatinya tenang dan tentram selama sekolah tanpa terusik pikiran bahwa apa yang dipelajari nantinya bakal diuji. Dan belajar di sekolah hanya sebagian kecil dari ujian-ujian yang akan datang terus selama hidup. Dan yang lebih penting, – datang ketika kepala saya sudah dingin lagi– kalau saya merasa ini adalah jalan dan lakon yang saya jalani sembari menghabiskan umur, saya akan merasa senang  dan nothing to lose. Karena dengan dibarengi doa dan harapan dari orang-orang yang mengharapkan saya, saya kira Tuhan kasih saya percikan-percikan semangat di setiap hari baru, yang membuat saya bisa terus jalan dan kepala saya bisa terus berproses. Kalaupun hanya ada satu kemajuan dan sepuluh kemunduran di setiap waktu, itu sudah lebih dari cukup daripada idle state. It’s devil’s workshop, isn’t it?

About this entry