21 Grams (2003)

21 Grams

21 Grams

Tiga orang pemain watak bermain dalam film dengan tema cerita yang sangat kuat. Saya heran kenapa film ini tak meraih Oscar, padahal sepertinya ceritanya kurang lebih sama dengan film Crash yang di tahun berikutnya meraih Oscar untuk film terbaik. Kadangkala, film bagus bisa menyentuh kita hanya ketika kita melihat ekspresi para pemain ketika  melakoni suatu adegan. Naomi Watts (Mulholland Drive, King Kong), Sean Penn (Mystic River, State of Grace), Guillermo del Torro (Traffic, Che), kesemuanya dalam penampilan terbaik mereka.  Saya pikir tinggal dua dari mereka yang pasti pada suatu saat bisa dapat Oscar untuk pemain terbaik. Khususnya Naomi Watts, wow. This was her best performance. Ada orang yang begitu berbakatnya dalam akting yang tak mungkin bilang: “saya kebetulan sekali dapat peran ini, ngantar teman, malah diajak casting”. No way. That is celebrity, not actress.

Tiga orang berbeda yang sudah masing-masing tak ingin hidup lagi karena beban dan cobaan yang luar biasa hebatnya. Satu orang public enemy yang ingin sekali menjalani hidup dengan insyaf dan lurus, tetapi Tuhan punya rencana lain yang sepertinya selalu menghalanginya untuk  itu. Satu orang pesakitan yang sudah pasti mati kalau tidak karena transplantasi jantung, yang juga tinggal menghitung hari. Satu orang normal yang terpaksa harus menerima kenyataan bahwa anak dan suaminya tewas tertabrak lari.

Entah bagaimana ketiganya dipertemukan dalam kondisi dan situasi yang rumit. Tak ada protagonis atau antagonis. Masing-masing peran hanya menjalani apa yang harus dijalani. Life must goes on, with or without God kata salah satu tokoh. Ketiga tokoh ini menjalani neraka meraka di dunia. Dan sepertinya saya, sebagai penonton-pun  tak punya hak apapun untuk menilai baik atau buruk perbuatan mereka sebagai akibat dari apa yang menimpa mereka. Sepertinya saya akan melakukan yang sama. Suicidal tendency

Karena kita tak pernah tahu apa rencana Tuhan. Earth moves so we- strangers can meet somewhere, sometime kata Sean Penn.

God works in a mysterious way katanya jauh di jaman dahulu kala.

Advertisements

About this entry