Inhale While You’re Winning

Pengalaman pertama selalu menarik.

Sebagai pemenang pertama sayembara design grafis bus sekolah saya diundang oleh pihak sekolah bersama dengan ketiga pemenang lainnya untuk sebuah acara seremonial. I don’t expect much. Mungkin seperti di Indonesia, kalau menang sayembara pasti ada acara penyerahan hadiah dan semacamnya. Wah ternyata acaranya serius (these guys really mean bussiness). Untuk sebuah lomba skala mikro, yang- walaupun pesertanya sampai 125 orang- tetap saja “hanya” lomba desain grafis. Ternyata ada rektor, CEO, direktur pendidikan dan para penggede sekolah lainnya (dimana saya merasa saya presentasi di hadapan para shogun) dan salah satu perwakilan dari Hino Corporation (yang punya bis).

Ternyata mereka menghargai karya saya sebagai yang punya selera baik (setidaknya itu yang saya tangkap dari sambutannya pak presiden sekolah). Senang juga sih, bisa dipelototin para profesor aseli Jepang yang mungkin dalam hatinya: eee, boleh juga nih anak.:-) Tapi agak kikuk juga, karena cuma saya gaijin(orang asing) di ruangan itu. Coba, mau ngomong apa? Hanya  senyum-senyum aja dah.

Yang membuat saya surprised adalah cara mereka memperlakukan hadiah. Pertama semua pemenang memperoleh piagam/ sertifikat. Piagamnya bukan template yang di-print lalu tinggal ditandatangani, ini semuanya ditulis tangan (seperti juga semua ijazah di Jepang), dan disertai dengan tabung-nya (seperti juga semua ijazah di Jepang). Wah, saya merasa tersanjung sekali. Upacara dan sertifikat ini saja membuat nilai dari sayembara ini begitu berkesan. Kedua, saya memperoleh sejumlah uang. Bukan di-transfer atau dimasukkan ke amplop (yang juga kodian), uang (cash) itu diletakkan di amplop angpaw-nya Jepang, yang penuh dengan hiasan.Indah sekali. Saya belajar bagaimana mereka sangat menghargai uang hasil jerih payah. Sudah begitu diembel-embeli dengan petuah: “Hati-hati ya, kamu harus langsung ke Bank begitu menerima uang ini“.

Saya tak heran mereka menjadi negara besar.

This one is for you, my dearest heart.

About this entry