Radar, Hulahoops and Playful Pigs

Dr. Joe Schwarz's book

By Dr. Joe Schwarcz

Salah satu kelebihan toko buku loak (kalau di sini ada yang namanya book-off) adalah kadangkala kita gampang ketemu buku yang menarik dan punya bobot – dan murah. Ini jadi salah satu hobi baru saya – makan abis buku-apapun yang asik dan keren. (mode anak muda kota = on). Terus terang saya comot buku ini, awalnya dari judulnya (dan sub judulnya: fascinating chemistry, wow) dan setelah sepintas dilihat, kok kayanya English-nya tidak terlalu susah buat laymen kimia macam saya (dua kali C di kuliah, itulah buktinya).

Apa hubungannya, kok saya baca buku beginian ya? Ah, saya hanya mengisi ruang-ruang di sel-sel kelabu saya yang kosong dan kayanya monoton kalau diisi sama arsitektur dan komputer melulu. Lagipula saya agak benci tapi rindu dengan kimia. Benci karena saya tak pernah paham konsep ikatan-ikatan kimia dan apapula itu yang tak bisa dilihat oleh mata telanjang. Rindu karena saya selalu ingin tahu kenapa sabun cuci bisa pisahkan kotoran dari air,apa itu vitamin dan siapa penemu anasthesi (yang saya doakan agar masuk surga, you saved my life – twice). Wah, buku ini menjelaskan semua dengan bahasa amat mudah dicerna (namanya juga digestible).

Prof. Schwracz, andaikan dulu jadi guru kimia di SMA mungkin akan menambahkan jalur alternatif cita-cita saya andaikan saya bisa reinkarnasi. Saya akan jadi material scientist. Begitu banyak keajaiban dan ruang-ruang inovasi dalam dunia material (dan kimia, tentu saja) sehingga exoskeleton Mark II-nya Tony Stark secara logika baru bisa terwujud kalau kita bisa ketemu material yang sama sekali baru.

Kimia di buku ini dibagi-bagi. Ada kimia di makanan, di rumah, di kriminal. Wah ternyata 24 jam hidup kita rata-rata berhubungan dengan kimia. Dan agak berbeda dengan matematik yang sangat aksiomatik, kimia hanya bisa dimengerti dengan eksperimen (empirik).

Harusnya saya baca buku ini 20 tahun yang lalu sewaktu masih gemar petasan dan gelasan. Hehehe.

About this entry