Judgement Weeks

Minggu-minggu ini saya akan dan sedang sangat sibuk menyiapkan banyak hal. Pertama adalah meyiapkan thesis report untuk di-submit akhir bulan ini, beserta two-pages abstract untuk masuk dalam proceeding sekolah kami tahun depan. Menulis thesis report sama sekali berbeda dengan menulis di konferensi. Mungkin sama beratnya dengan menulis untuk jurnal. Banyak belajar menulis dengan kalimat yang runut, Inggris lagi (alhamdulillah bukan Nihon-go) dan..uh..uh, cross references. Semakin banyak baca lagi dan lagi kok jadi semakin gak kelar-kelar tulisannya? Takutnya malah melebar ke mana-mana.

Paralel dengan itu adalah menyiapkan aplikasi prototype untuk presentasi tesis. Memang sih aplikasi saya mungkin sudah 80% selesai. Tapi rasanya selalu ada yang kurang. Ketidakpuasan akan suatu hal kadang bisa berbahaya karena bisa menyurutkan semangat untuk jadi kreatif. Jadi saya harus merasa puas dengan desain saya, baru saya semangat buat kembangin lebih jauh. Masalahnya, kapan puasnya?

Ketiga adalah membuat materi untuk presentasi. Kadang ini menjadi fill-in process dikala suntuk pada poin satu dan dua. Saya suka mendesain presentasi. Tapi tetap saja, butuh waktu dan konsentrasi.

Keempat adalah menyiapkan proposal riset PhD. Ternyata setelah sidang master, dijadwalkan akan ada sidang pendahuluan untuk PhD program. Whalah, apa nggak isi bensin dulu ya? Kapan saya mikir buat riset PhD? saya mau buat apa? Agak mumet juga baca-baca laporan riset di jurnal-jurnal, walaupun saya mungkin harus mulai membuat peta riset dalam ranah keahlian saya. Itu penting karena dengan begitu saya bisa posisikan di titik mana saya akan menghabiskan dengan nyaman tiga tahun lebih hidup saya di Jepang. Titik ini penting juga untuk menentukan kemana saya setelah (apabila) bisa lewati studi ini nanti.

I know You plan something for me. I choose path that You already guide me to. It’s bitter, It’s pain I feel, but somehow, You give me something my faith have to hold on to. May the world fall down before me, I will make my soul proud to have me.

About this entry