Battle Royale

Battle Royale

Need to say no more. Sudah lama juga nonton film ini, tapi karena kemarin sempat masuk dalam 15 Asian film worth mentioned versi Movie Blog, jadi ingat-ingat juga. Film Jepang terkadang punya atmosfir yang ‘aneh’ dalam menggarap dan meramu cerita. Dari mulai horor yang bagi saya sendiri, jauh lebih ‘ngeri’ ketimbang Hollywood punya, sampai ide cerita di film ini juga bagi saya, termasuk genuine.

Apa ya, kategori film ini? pastinya aksi dan drama. Rada aneh juga ada satu masa dimana seorang guru (atau seorang administrator)  membawa sekumpulan anak SMA ke suatu pulau dan memainkan permainan berbahaya dan tak masuk akal serta membuat masing-masing dari mereka memilih antara solidaritas atau…nyawa sendiri. Aneh sekali ide-nya dan sekaligus disitu pula drama dan intriknya. Saya jadi ingat The Condemned, Wrong Turn2 dan barangkali Lost juga terinspirasi dari film ini.

Campuran antara drama (cinta?, sahabat?) dan insting untuk survive campur aduk dan mungkin juga membawa penonton untuk diajak berpikir jika berada dalam situasi yang sama. Budaya Jepang-pun turut membawa nuansa lain yang tak akan ada di film Hollywood manapun. Seperti poster film-nya sendiri  yang menggambarkan sekumpulan (sekelas) anak-anak SMA dengan pose manis standard pose sekolah. Tapi sepanjang film? tak ada cerita anak-anak manis. Meskipun masih sangat muda, mereka ‘dipaksa’ dalam permainan dan dipaksa untuk berbuat diluar rasional mereka. Keren-lah, really kick-ass. Tipical manga style.

Advertisements

About this entry