Pursuit of Happiness

Apa yang membuat suasana hati jadi cerah, pikiran tenang. Terkadang happiness muncul untuk ruang-ruang tertentu dalam perasaan. Tidak untuk semua ruang. Seperti percikan-percikan kebahagiaan kecil-kecil yang membuat kita tenang, senyum, nyaman – ditengah – misalnya ruang-ruang hati yang lain yang kondisinya mengenaskan.

Ini contohnya :

– sewaktu selesai menyetrika seluruh pakaian yang habis dicuci. Rasanya bahagia melihat tumpukan pakaian yang rapi tersusun di lemari pakaian. Bahagia sudah selesai membuat dandanan saya jadi rapi. Saya suka rapi.
– sewaktu selesai membuat sup, tempe goreng dan sambal. Rasanya bahagia sekali membuat masakan sendiri, ditengah perut luar biasa lapar dan menyajikan orkestra nasi-tempe-sup-sambal-pisang-susu sembari menonton Seinfeld. Bahagia sudah membuat tubuh dan perut menjadi tenang. Tak ada yang mengalahkan makan masakan sendiri ditengah perut lapar.
– sewaktu tengah malam, membaca buku atau novel menarik, bersandar nyaman di sofa dan akhirnya tertidur. Bahagia karena tidak ada pikiran macam-macam yang membuat tidur tak tenang
– sewaktu akhirnya beasiswa itu datang juga di kala dilanda ketakutan apa makan besok. Itu bahagia.

Tuhan mungkin akan berikan percikan-percikan kecil di keseharian saya yang mau tak mau harus saya syukuri karena bisa saja percikan itu hilang cepat, esok atau kapan saja. Tak ada percikan yang terus-menerus ada. Di tengah apapun yang ‘terasa’ berat di hidup, pasti akan selalu ada percikan itu.

Ya Tuhan, berikan saya kemampuan untuk selalu bisa melihat percikan itu.

About this entry