Would it be any better than…Se7en?

se7en

“This guy is methodical and tactics…and worst of all, he has passion” (Detective Sommerset).

Ingat pertama kali nonton film ini ketika masih tingkat 2 mahasiswa di bioskop BIP, Bandung. Nonton bukan karena diajak temen atau ditraktir, tapi karena memang ‘ingin’ dan suka dengan genre dan judulnya.

Ternyata hingga 13 tahun kemudian, belum ada yang saya pikir bisa menyamai sihir film ini. Paling hanya ‘Silence of The Lambs“, dan hanya Hannibal Lecter yang bisa menandingi karakter John Doe. Seperti ketika di tahun 95 itu, saya termasuk penonton yang amat kecewa dengan eksekusi akhir dari film ini, yang mana memang amat tak terlupakan (you do know what I mean). Saya pikir banyak penonton yang pada saat itu – seperti saya- ingin ending yang..well, lebih ‘balas dendam’. :-). Tapi itulah hebatnya, sampai sekarang, setelah beberapa kali nonton, tetap tidak bosan-bosan.

Bagi saya, belum pernah ada film thriller setelah ini yang menyajikan prosesi dan presentasi pembunuhan sebaik dan seartistik film ini. Ok, dari sisi cerita dan tema mungkin catchy dan obvious. Beberapa film bisa punya tema dasar yang lebih twisted dibanding ini. Tapi penyajian dan runutan kisah di film ini membuat saya bergidik bukan karena sajian yang luarbiasa ‘gore‘ (Hostel dan sejenisnya), melainkan saya jadi berpikir bagaimana bisa masterpiece semacam itu bisa dilakukan oleh manusia dan bukan hanya sekedar menyajikan kesadisan semata ?. Itu tadi, methodical, tactics..and passion….

Sukses yang lain menurut saya juga terletak dari casting. Tak terlupakan akting Kevin Spacey di sini. Dia layak jadi roommate-nya Dr. Hannibal Lecter. Bedanya hanya di selera makan. Dia menjadi salah satu aktor kegemaran saya (Usual Suspect, American Beauty, K-Pax, Superman). Saya pikir karakternya memang cocok untuk jadi antagonis (psychopath)..hehehe.
Mr. Freeman yang bijaksana, Mr. Pitt yang ambisius, Ms. Paltrow yang lembut..ya..semua tokoh menurut saya pas di tempatnya masing-masing. Bahkan setting film yang selalu mendung dan hujan  membuat komplit nuansa yang ingin disampaikan….

Sekali lagi, kapan Mr. Finscher akan buat yang seperti ini lagi? Sudah bosen nih dengan tema Superhero atau komedi ala Superbad…yang jelas mungkin tidak akan ada sequelnya….

About this entry