Michael Crichton – State of Fear

Kali ini Crichton berkisah seputar rekayasa iklim, tsunami buatan, halilintar ciptaan dan pemanasan global. Isu – isu yang diangkat disamping sangat aktual (ingat : Inconvinience Truth-nya Al Gore), juga beberapa diantaranya kontroversial dan kontradiksi. Suatu hal yang membuat buku ini menarik untuk terus dibaca hingga bab terakhir.


Buku ini terbit tahun 2004, sebelum buku terakhirnya : Next, yang berkisah tentang rekayasa genetika.
Crichton umumnya membuat novel fiksi ilmiah yang ditunjang oleh riset yang cukup dalam. Bahkan data-data yang ada dalam riset tersebut diklaim sebagai data aktual.
Timeline, Prey, bahkan Next meskipun tetap merupakan novel, tetapi saya pribadi bisa membayangkan bagaimana kemajuan-kemajuan teknologi dalam bidang fisika partikel, teknologi nano, dan genetika sudah dicapai oleh sebagian orang di belahan bumi yang lain.
Dalam State of Fear, kisah yang sebenarnya adalah bukan pada isu pemanasan global, yang di dalam novel ini kita diberi data-data lain yang kontradiksi dengan apa yang kita percaya selama ini, namun pada kekuatan media. Kekuatan media ada dibalik realita, atau apa yang sebagian besar orang anggap sebagai realita. Kita semua percaya bahwa bumi semakin memanas, bahwa hutan menghilang berakibat lapisan ozon menipis. Beberapa data dari pusat-pusat riset mutakhir menggambarkan bahwa di beberapa kota besar, peningkatan suhu dalam 30 tahun terakhir tidaklah signifikan. Peningkatan permukaan air laut hanya 15 cm dalam 100 tahun. Bahkan, beberapa tempat di dunia menunjukkan bahwa bumi semakin dingin. Akankah kita semakin menuju pada the next ice age?.
State of Fear juga menyoroti iklim riset yang amat dipengaruhi oleh vested interest. Riset- riset ilmiah banyak yang merupakan pesanan, dan karenanya, kesimpulan dan rekomendasi riset tersebut menjadi bias.Apakah benar freon itu merusak lapisan ozon? apakah benar DDT itu beracun? Siapa yang memegang kendali atas kebenaran riset-riset tersebut? Ada kekuatan besar yang menguasai media massa sehingga membuat opini luas, menciptakan ‘kebenaran’ baru atau menciptakan ‘ketakutan’ baru, yang akhirnya berujung pada world domination.( Ingat David Ickels : Illuminati ).
Saya bukan berlatar belakang klimatologi ataupun sains atmosfer, jadi mungkin sekali banyak fakta sains yang meskipun tampaknya benar, perlu dicek validitasnya. Namanya juga novel.

everyone has a hidden agenda. except me (Michael Crichton)

Baca juga reviewnya di sini dan di sini

Advertisements

About this entry