Apakah Dimensi Ke-N Itu Ada?

warped
Sudah seminggu ini saya lumayan intens membaca bukunya Lisa RandallWarped Passage.
Dari pertama kali lihat buku ini di Kinokuniya, saya sudah langsung tertarik. Walaupun saya bukan datang dari komunitas fisika – apalagi fisika partikel, atau matematikawan (saya bukan orang yang jeli terhadap angka), entah kenapa, saya tertarik membaca buku-buku sains populer. Dulu pernah baca bukunya Michio Kaku – Vision, salah seorang fisikawan ternama pula yang banyak membahas masalah kedimensian-an ini dari ranah fisika teori.
Asyik dibaca, apalagi kalau dibacanya dulu, ketika saya masih SMP.Mungkin saya tertarik karena saya suka dengan hal-hal yang berbau sains-fiksi (don’t get me wrong, I am not a Star Wars geek).

Nah. bukunya Ibu Randall ini menarik karena mengisahkan perjalanan para peneliti fisika untuk mencari tahu dan kemudian memprediksi apakah dimensi lain selain yang kita tahu hingga saat ini (3 dimensi ditambah waktu) itu ada? Kalau ada, mengapa kita tidak dapat melihat dan merasakan itu? Apakah pengaruhnya terhadap hukum-hukum fisika yang sudah kita ketahui? Kemudian, apa manfaatnya terhadap kemanusiaan? Pengisahannya juga mudah dipahami karena penuh analogi, mulai dari Alice in Wonderland, Willy Wonka sampai film-film sains fiksi.
Beberapa hal tentu saja mengerutkan dahi seperti pada bab-bab awal yang mengisahkan awal perjalanan teori gravitasi Einstein hingga teori relativitasnya. (Wah, kalau ada teman dari Fisika pasti diskusinya asyik). Kemudian beralih ke Brane, entitas di ranah teori dimana semua dimensi yang saat ini kita ketahui berada di dalamnya.
Saya baru baca hingga pada bagian hukum mekanika kuantum dan relativitas Einstein yang akan menjadi dasar pencarian dan eksplorasi keberadaan dimensi lain pada ranah partikel.
Ternyata setelah quark ada entitas yang jauh lebih kecil lagi.
Seperti kata Steve Reich, setiap 10,20,30 tahun, kita akan membuka satu pintu lagi yang membuat kita semakin mengerti tentang alam semesta.
Pada mulanya adalah atom, kemudian, elektron dan proton, kemudian quark dan string theory.

Mudah-mudahan saya bakal mengerti terus hingga bab terakhir !

About this entry