How to Take Right Train in Tokyo

Baru empat hari di HigashiOmiya, tempat saya tinggal, saya sudah dua kali tersesat – maksudnya- salah pilih kereta. Yang pertama waktu mau pulang dari Stasiun Tokyo ke HigashiOmiya, ternyata kereta (JR) tidak berhenti di tempat saya, tapi terus bablas ke sebuah tempat namanya Kuki. Yang kedua, terjadi kemarin, dari HogashiOmiya ke Ueno ternyata nyasar sampai ke Yokohama (1.5 jam!). Tapi ya, tidak apa-apa namanya juga pengalaman.My friend give me an advice for you all who is not familiar with Tokyo train connnection :

  1. Selalu lihat peta JR yang anda punya. Kalau belum punya, silahkan cari di Google. Ada dua jenis peta, peta JR line dan peta Tokyo Metro (subway). Selalu bawa-bawa ini peta dan lihat dari mana anda berangkat dan kemana anda pergi.
  2. Selalu lihat signage yang menunjukkan kereta apa, jurusan ke mana, platform berapa, jam berapa datangnya.
  3. Pastikan anda naik kereta yang LOCAL (ada juga namanya RAPID, tapi hanya berhenti di beberapa stasiun besar), dan jangan naik di Green Car, karena itu lebih mahal dan harus punya tiket khusus
  4. Selalu lihat elctronic signage yang ada di gerbong kereta yang akan datang. Itu akan menunjukkan tujuan akhir kereta. Jangan sampai keretanya bisa sama, tapi tujuan akhirnya beda. You will end up in out of nowhere .

OK, thats all I knew from now, maybe later I will have good experience, again. 🙂 

Advertisements

About this entry